Bahas Tuntas Perangkat Keras Komputer

Kamis, 14 Juni 2018

Pengertian Processor Komputer dan Fungsinya

Pengertian Processor Komputer dan Fungsinya - Processor / prosesor adalah salah satu komponen terpenting dari rangkaian komputer, tanpa alat yang satu ini perusahaan tidak akan berjalan alias tidak akan berguna karena prosesor adalah otak komputer, untuk mengetahui lebih jauh tentang pengertian dan fungsi dari processor komputer kami mengacu pada penjelasan berikut.

Pengertian Processor (Prosesor)

Pengertian Processor Komputer dan Fungsinya

Secara umum pengertian processor atau yang sering disebut otak komputer, processor ini jelas merupakan IC yang mengendalikan seluruh jalannya sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan melakukan tugas-tugas.

Lokasi processor ini ada pada motherboard, sekarang ketika pemilihan motherboard harus disesuaikan dengan jenis socket dari contoh processor untuk intel processor ada socket LGA kemudian mencari motherboard dengan socket LGA juga dan AMD AMD + harus ada processor juga disesuaikan.


Tetapi ada hal terpenting yang selalu dilupakan bahwa nilai TDP dari processor harus sesuai dengan motherboard seperti yang saya bahas di tips membuat rakitan komputer. Processor juga sering disebut "Microprocessor". 

Bagian terpenting dari processor adalah:
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU): Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
  • Control Unit (CU): Data kontrol lalu lintas seperti input, dan output.
  • Unit Memori (MU): Perangkat penyimpanan kecil dengan kecepatan akses tinggi.


Fungsi Processor (prosesor)

Secara umum, fungsi processor (prosesor) hanya untuk mengolah data yang diterima dari input atau di input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran output.

prosesor tidak dapat bekerja sendiri tetapi memerlukan dukungan dan tetap berhubungan dengan komponen lain terutama hard drive dan RAM. Dalam memproses suatu data dapat dilakukan dengan cepat atau lambat waktu pemrosesan tergantung pada kecepatan prosesor.


Saat ini, kecepatan prosesor tertinggi pada 4 Gigahertz (GHz) berarti dapat membaca 4000 miliar perintah dalam satu langkah, angka yang fantastis di dunia perkembangan teknologi. Bagi gamer, tentu sudah akrab dengan istilah, "prosesor lebih besar, pengalaman gaming lebih besar", karena sebuah game pasti sangat berpengaruh dengan kapasitas prosesor komputer.

Untuk aspek pengembang atau perusahaan khusus prosesor produksi ada 2 perusahaan terkenal yaitu intel dan AMD. Dari 2 perusahaan ini membanjiri banyak pasar processor. Produk ke2nya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Ada yang mengatakan bahwa daya tahan untuk digunakan berjam-jam atau berhari-hari intel lebih andal sementara bagi para gamer AMD jadi pilihan karena lebih baik dalam memproses grafik. Insya allah diskusi ini akan dibahas di kesempatan lain.

Demikianlah artikel tentang pengertian processor komputer dan fungsinya yang bisa saya tulis pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Processor Komputer dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar