Bahas Tuntas Perangkat Keras Komputer

Kamis, 28 Desember 2017

Pengertian Power Supply dan Fungsinya

Pengertian Power Supply dan Fungsinya - Catu daya adalah komponen arus listrik yang memasok setidaknya satu beban listrik. Selain itu, power suply juga biasanya memiliki kemampuan untuk mengubah nilai daya satu litrik menjadi nilai daya listrik lainnya. Inilah yang membedakan perangkat catu daya dengan energi lain, seperti mekanik, matahari atau kimiawi saat diubah menjadi energi listrik.

Dalam perkembangannya, power supply kini banyak digunakan oleh perangkat untuk menjaga agar daya listrik memiliki nilai yang tepat saat masuk ke perangkat. Salah satu perangkat tersebut adalah komputer, dimana biasanya power supply berguna untuk mengubah arus AC ke DC. Port catu daya biasanya berada di belakang casing komputer atau CPU dan berdekatan dengan kipas angin.


CARA MEMILIH POWER SUPPLY

Pengertian Power Supply dan Fungsinya
Pengertian Power Supply dan Fungsinya

1. Pilih merek Power Supply yang tepat
Merek sangat menentukan kualitas perangkat catu daya. Bila Anda membeli catu daya buatan China, maka merek menjadi masalah yang sangat krusial. Mengapa? Karena sebagian besar produk yang mereka hasilkan sejenis, satu-satunya label yang berbeda. Namun, masih ada beberapa merek terkenal pabrikan China di pasaran, seperti Antec dan PC Power & Coolling.

2. Perhatikan kapasitas Power Supply
Efisiensi kapasitas catu daya adalah hal yang baik. Bila Anda hanya butuh tenaga 250W, maka Anda bisa membeli power supply dengan tenaga sedikit lebih tinggi, yaitu 450W. Tapi jika badget Anda sudah mencukupi, membeli daya yang lebih besar adalah pilihan yang lebih baik. Ini karena semakin tinggi kapasitasnya, maka akan semakin dingin keadaan catu daya.

Selain itu, membeli catu daya dengan kapasitas yang jauh dari kebutuhan bisa diantisipasi jika nanti ingin mengupgrade kartu video atau prosesor yang membutuhkan asupan listrik lebih besar. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengikuti persyaratan sistem di bawah ini.

1. Sistem dasarnya
RAM 256 sampai 512 MB, video terlampir, 1 hard drive, 1 optical drive, tidak ada atau 1 kartu ekspansi yang membutuhkan catu daya sekitar 300W.

2. Sistem arus utama
Prosesor kualitas midrange, RAM 512 sampai 1 GB, adapter video midrange quality, hard drive 1 atau 2, drive optik 1 atau 2, 1 atau 2 kartu ekspansi memerlukan catu daya sekitar 400 W.

Baca juga: Pengertian RAM dan Fungsinya

3. Sistem kinerja tinggi
Prosesor berkecepatan tinggi dengan RAM 1 GB, adaptor 1 atau 2, video berkecepatan tinggi, 2 atau lebih hard drive, 2 atau lebih drive optik, lebih dari 2 kartu ekspansi memerlukan catu daya dengan catu daya lebih dari 500W.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Power Supply dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar